Mengatasi Masalah False Positive Dalam Vulnerability Assessment

03 February 2023 Wellium

Mengatasi Masalah False Positive Dalam Vulnerability Assessment

False positive merupakan masalah utama yang perusahaan hadapi selama melakukan vulnerability assessment. Vulnerability assessment menjadi bagian penting dalam proses mengidentifikasi berbagai kerentanan pada infrastruktur teknologi perusahaan. Namun, assessment yang menggunakan solusi vulnerability tradisional seringkali memberikan peringatan palsu atau false positive. Fenomena ini membuat perusahaan menghabiskan banyak waktu pada informasi mengenai kerentanan yang sebenarnya tidak terjadi.

Bagaimana Cara Mengatasi Masalah False Positive Dalam Vulnerability Assessment?

Apa itu Vulnerability Assessment?

Vulnerability assessment adalah proses mendefinisikan, mengidentifikasi, mengklasifikasikan, dan memprioritaskan kerentanan dalam sistem komputer, aplikasi, serta jaringan. Umumnya, assessment memanfaatkan data dari solusi pemindaian kerentanan yang memungkinkan perusahaan menemukan celah keamanan krusial pada infrastruktur teknologi mereka. Survei yang dilakukan oleh Enterprise Strategy Group (ESG) di tahun 2021 menemukan bahwa rata-rata perusahaan mengimplementasi setidaknya 11 solusi keamanan untuk memantau kerentanan sistem secara berkelanjutan. Sayangnya, survei ini juga menjelaskan kalau tim IT keamanan mendapatkan sekurangnya 53 peringatan kerentanan setiap hari dan 45% diantaranya merupakan false positive. Lantas, mengapa pendekatan tersebut tidak berjalan dengan efektif?

Faktor yang Menyebabkan False Positive Selama Assessment

Vulnerability Overload

Vulnerability overload adalah situasi dimana tim keamanan IT mendapatkan terlalu banyak informasi selama vulnerability assessment. Hal ini terjadi karena perusahaan terus mengadopsi solusi vulnerability pada setiap permasalahan keamanan dan pada akhirnya menghasilkan tumpukan data silo yang justru mempersulit tim keamanan mengidentifikasi kerentanan.

Kurangnya Visibilitas

Setiap solusi vulnerability memiliki mekanisme dan standar yang berbeda satu sama lain. Kurangnya sistem yang komprehensif membuat tim keamanan tidak dapat menentukan prioritas keamanan pada potongan informasi dari masing-masing solusi vulnerability.

Pengecekan Manual

Tim keamanan yang menghabiskan banyak waktu dan tenaga untuk menyelidiki semua peringatan kerentanan. Masifnya data dihasilkan dari berbagai solusi vulnerability akan menyebabkan tim keamanan kewalahan dalam menganalisis kerentanan yang berdampak pada operasional bisnis.

Solusi VOAR Mampu Mengatasi Masalah False Positive Dalam Vulnerability Assessment

VOAR atau Vulnerability Orchestration Automation and Response adalah solusi dari Aplikas Servis Pesona bersama Hackuity yang menyatukan segala vulnerability tools perusahaan menjadi satu ekosistem. VOAR mampu mengatasi masalah false positive dikarenakan assessment vulnerability pada satu tempat memungkinkan tim keamanan mengumpulkan, menghilangkan duplikasi, dan menghasilkan laporan data kerentanan secara menyeluruh.

Sentralisasi

VOAR memberikan solusi agnostik untuk mengelola kerentanan dari berbagai pemindai, sumber, ataupun praktik deteksi. Dengan menggabungkan semua jenis kerentanan, VOAR menciptakan normalisasi data dan duplikasi dari semua alat deteksi kerentanan sehingga menghasilkan analisis keamanan yang akurat.

Otomatisasi

VOAR memperkuat siklus manajemen keamanan dengan mengotomatiskan 70% tugas yang berkaitan dengan kerentanan. Banyaknya konektor yang tersedia dan pemrosesan data otomatis akan menghemat banyak waktu serta menghindari kesalahan terkait pemrosesan manual.

True Risk Score

Solusi VOAR menggunakan algoritma True Risk Score (TRS) yang menghitung skor kerentanan konvensional, tingkat risiko kerentanan sebenarnya, dan dampaknya pada aset bisnis perusahaan. Algoritma TRS dapat secara signifikan mengurangi jumlah kerentanan yang perlu segera ditangani oleh tim keamanan.

 

Aplikas Servis Pesona bersama Hackuity menyediakan solusi VOAR untuk perusahaan Anda. Konsultasikan kebutuhan Anda bersama Aplikas Servis Pesona.

Hubungi kami melalui email marketing@phintraco.com untuk mendapatkan informasi lebih lanjut terkait VOAR.

 

Kunjungi:

https://aplikas.com/vulnerability-management/ 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *