Spear Phishing: Ancaman Nyata Bagi Cybersecurity Perusahaan

21 March 2023 Rani Pilo

Spear Phishing: Ancaman Nyata Bagi Cybersecurity Perusahaan

Perkembangan teknologi telah mempermudah aktivitas manusia. Bahkan, aktivitas manusia untuk berbelanja dan melakukan transaksi pun sudah hampir bergantung dengan teknologi dan penggunaan internet. Namun di lain sisi, perkembangan teknologi juga memicu tindak kejahatan yang disebut dengan spear phishing. Hal ini menjadi ancaman tersendiri bagi cybersecurity perusahaan di berbagai industri. Pada kesempatan kali ini, kita akan mengulas secara lengkap tentang spear phishing. Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap, simak pada artikel berikut ini.

Apa itu Spear Phishing?

Spear phishing atau spearing phishing termasuk dalam kategori phishing. Phishing sendiri merupakan modus penipuan yang bertujuan mencuri data atau informasi penting para korbannya. Lalu data atau informasi tersebut akan digunakan oleh penjahat siber untuk menguras harta korbannya secara online. Adapun, spear phishing adalah teknik penipuan yang dilakukan penjahat siber secara online dengan menggabungkan modus phishing dengan modus social engineering atau rekayasa sosial. Jadi, serangan spear phishing yaitu bentuk kejahatan pencurian data atau informasi pribadi penting yang dilakukan dengan cara mengelabui korbannya secara psikologis. Sehingga korban tidak sadar dirinya tertipu dan telah berbagi data atau informasi pribadi kepada penjahat siber.

Bagaimana Cara Kerja Spear Phishing?

Cara kerja spear phishing mirip seperti dengan cara menangkap ikan yang mengincar targetnya menggunakan spear (tombak). Artinya, teknik kejahatan ini memburu korban yang sudah diincar sebelumnya oleh penjahat siber yang memiliki tujuan tertentu. Biasanya, penjahat siber akan menyasar target tertentu dan mengaku sebagai pengirim yang terpercaya. Lalu penjahat siber akan mengirim email, pesan WhatsApp, SMS, telepon, dan media digital lainnya, seolah-olah dari pengirim yang dikenal dan terpercaya untuk membujuk individu yang ditargetkan agar mengungkapkan informasi yang bersifat rahasia. Tak heran jika serangan spear phishing memiliki tingkat keberhasilan yang lebih tinggi karena korban telah diincar sebelumnya.

Spearing Phishing vs Whaling, Apakah Sama?

Spearing phishing dan whaling memang sama-sama merupakan jenis serangan e-mail phishing yang sering terjadi di era digital ini. Namun, keduanya memiliki beberapa perbedaan utama seperti yang disebutkan dibawah ini.

1.      Perancangan

Dalam serangan email, spear phishing dirancang untuk kelompok individu, organisasi, atau perusahaan tertentu. Sedangkan whaling, dalam serangan email dirancang untuk mencuri data penting pejabat tingkat tinggi atau pendiri perusahaan.

2.      Subseta

Spear phishing merupakan bagian dari serangan phishing dalam kejahatan dunia maya. Sebaliknya, whaling adalah bagian dari spear phishing yang umumnya digunakan sebagai modus kejahatan untuk menyerang selebriti, CEO, COO, pendiri perusahaan.

3.      Contoh Kasus

Contoh modus serangan spear phishing: E-mail berisi notifikasi pembayaran tertunda untuk mengisi detail bank.

Contoh modus serangan whaling: E-mail dirancang dengan baik dari CEO ke akun yang menanyakan data penggajian.

4.      Persiapan

Waktu persiapan untuk serangan spear phishing mungkin tidak memakan banyak waktu bagi penjahat siber, sedangkan butuh waktu belajar dan persiapan yang lama untuk menjalankan serangan whaling.

Bagaimana Cara Mencegah Serangan Spear Phishing?

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan sebagai upaya pencegahan serangan spear phishing. Berikut adalah beberapa tindakan tersebut:

1.      Berikan edukasi kepada karyawan

Bisa jadi masalah yang dapat mengancam cybersecurity perusahaan Anda berasal dari ketidaktahuan karyawan. Anda perlu memberikan edukasi kepada karyawan mengenai bahaya ancaman keamanan siber dan langkah-langkah aman agar terhindar dari ancaman ini.

2.      Perbarui perangkat lunak keamanan

Jika Anda tidak memilikinya semuanya, setidaknya milikilah beberapa perangkat lunak keamanan. Di pasar saat ini, Anda dapat menemukan banyak antivirus yang dengan perlindungan yang unggul. Pasalnya, akan selalu lebih baik jika memiliki perlindungan daripada tidak sama sekali.

3.      Gunakan multi-factor authentication

Pada modus serangan spear phishing sering kali penjahat siber menyertakan tautan ke situs web tempat Anda akan memasukkan kredensial untuk masuk. Tujuan dari serangan spear phishing ini adalah untuk mencuri info login target. Namun, jika Anda mengaktifkan multi-factor authentication, penjahat siber yang akan melancarkan aksinya tidak akan dapat berbuat banyak. Jika serangan ini terjadi maka Anda seharusnya aman.

4.      Kesadaran akan cybersecurity

Karena serangan phishing menggunakan teknik social engineering atau rekayasa sosial untuk mengelabui psikologis targetnya maka hal pertama yang perlu Anda lakukan yaitu memiliki kesadaran akan cybersecurity.

Aplikas Menyediakan Solusi Threat Intelligence Anti Serangan Phishing Apapun

Letak keamanan akhir dari ancaman spear phishing adalah pada kesadaran diri kita sendiri. Namun, tentunya teknik penyerangan selalu berkembang, oleh sebab itu cybersecurity harus terus diperbaharui. Untung mengatasi ancaman nyata ini, Aplikas Servis Pesona sebagai partner resmi Cyberint menawarkan solusi threat intelligence yang memberikan pendekatan baru dalam melindungi sistem keamanan perusahaan terhadap ancaman kejahatan digital seperti spear phishing dan ancaman lainnya. Beberapa pendekatan yang dipakai untuk mendeteksi potensi serangan spear phishing dan ancaman lainnya dengan threat intelligence meliputi:

1.      Mengidentifikasi domain yang typosquatting

Solusi keamanan yang melindungi perusahaan dari ancaman serangan dunia maya ini akan memantau kesamaan antara domain Anda dan domain yang baru. Hal ini dilakukan untuk memberikan indikasi niat jahat, dan memberitahu Anda tentang domain yang mencurigakan.

2.      Mengelola peringatan di situs phishing dan obrolan dark web

Solusi keamanan ini juga akan memberi peringatan kepada pengguna tentang situs phishing baru dan obrolan dark web yang menyebutkan nama, domain, logo, serta aset digital Anda.

3.      Mengidentifikasi kredensial login yang bocor ke dark web

Solusi ini memungkinan Anda medapatkan informasi tentang tren dan opsi phishing di berbagai web ilegal. Selain itu, solusi kemanan ini juga akan mendeteksi indikator dari dark web, serta teknologi phishing baru, toolkit, dan layanan yang ditawarkan.

4.      Mengidentifikasi ancaman email spear phishing

Beberapa pelaku kejahatan akan menguji email mereka terhadap software antivirus perusahaan saat kampanye spear phishing muncul. Solusi keamanan treat intelligence akan mengumpulkan email phishing lalu menyelidiki kemudian mencegah upaya phishing lebih lanjut.

Nah, itulah beberapa pendekatan yang digunakan dalam menjaga ancaman serangan dunia maya seperti spear phishing dan ancaman lainnya. Dengan metode yang tepat dengan tentu memungkinkan perusahaan Anda menjadi lebih proaktif dalam cybersecurity perusahaan.

 

Hubungi kami melalui marketing@phintraco.com untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai solusi Threat Intelligence

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *