Pentingnya Vulnerability Assessment Dalam Cybersecurity

10 February 2023 Wellium

Pentingnya Vulnerability Assessment Dalam Cybersecurity

Ancaman cyber terus mengintai aset-aset dalam perusahaan, untuk itu perlu dilakukan berbagai langkah untuk melindungi data maupun aset penting dari risiko yang mengancam perusahaan Anda. Salah satu langkah perlindungan yang bisa diambil adalah dengan menjalankan proses vulnerability assessment secara rutin. Simak artikel berikut untuk mengetahui informasi lebih lanjut terkait vulnerability assessment.

Apa itu Vulnerability Assessment?

Vulnerability assessment adalah proses identifikasi, klasifikasi, dan mengukur kekurangan dalam aset perusahaan seperti aplikasi, sistem komputasi, dan infrastruktur jaringan. Assessment harus dilakukan setiap tiga bulan dan setiap kali layanan atau peralatan baru dipasang untuk memastikan bahwa perusahaan Anda selalu mengetahui kelemahan sistem.

Jenis-jenis Vulnerability Assessment

Vulnerability assessment mengidentifikasi berbagai jenis kelemahan sistem atau jaringan, dan dalam prosesnya akan melibatkan berbagai alat maupun metodologi. Berikut adalah jenis-jenis assessment untuk mengenali jenis jenis kelemahan sistem:

Network-based scans

Digunakan untuk mendeteksi potensi pelanggaran keamanan jaringan, dan jenis assessment ini dapat mendeteksi sistem yang rentan pada jaringan kabel dan nirkabel.

Host-based scans

Mendeteksi kerentanan di server, workstation, dan host jaringan lainnya, biasanya dengan melihat port dan layanan yang juga terlihat dalam pemindaian berbasis jaringan.

Wireless network scans

Wireless network scans mengidentifikasi titik akses jahat dalam infrastruktur jaringan nirkabel, dan dapat memvalidasi bahwa jaringan perusahaan telah dikonfigurasi dengan aman.

Application scans

Memindai situs web untuk mendeteksi kerentanan software dan konfigurasi jaringan atau aplikasi web yang salah.

Database scans

Mengidentifikasi titik lemah dalam database untuk mencegah serangan jahat seperti injeksi SQL.

Langkah-Langkah Untuk Melakukan Vulnerability Assessment

Dengan alat yang tepat, Anda dapat melakukan penilaian kerentanan dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

Mendefinisikan dan merencanakan ruang lingkup pengujian

Sebelum Anda melakukan proses vulnerability assessment, ada baiknya Anda menemukan tempat penyimpanan data yang paling sensitif dan sumber data tersembunyi. Selain itu, identifikasi server mana yang bertanggungjawab untuk aplikasi penting. Tidak lupa untuk memeriksa semua port dan proses untuk menemukan kesalahan konfigurasi. Terakhir, buatlah diagram seluruh infrastruktur IT, aset digital, dan perangkat apa saja yang akan digunakan.

Identifikasi daftar vulnerability yang perlu dilakukan assessment

Setelah melakukan pemindaian, buatlah daftar lengkap ancaman keamanan yang mendasari kerentanan. Langkah ini memerlukan pemindaian kerentanan otomatis dan uji penetrasi manual untuk memvalidasi temuan dan mengurangi hasil positif yang palsu.

Analisis

Sebagian besar alat pemindaian menetapkan skor numerik menggunakan CVSS (common vulnerability scoring system) dan akan menghasilkan laporan terperinci dengan berbagai peringkat risiko juga skor kerentanan. Analisis ini mengungkapkan kerentanan mana yang harus ditangani terlebih dahulu, dan Anda bisa mengurutkannya berdasarkan tingkat keparahan, urgensi, potensi kerusakan, atau risiko.

Merawat kerentanan

Merawat kerentanan dengan remediasi memerlukan perbaikan sepenuhnya terhadap kerentanan untuk mencegah eksploitasi lebih lanjut, dengan pemasangan alat keamanan baru atau pembaruan produk. Selain itu, proses mitigasi juga bisa digunakan untuk mengulur waktu hingga solusi ditemukan ketika tidak ada perbaikan yang tepat untuk kerentanan dengan menggunakan alat tambahan untuk membantu mengurangi risiko. Misalnya menggunakan perangkat lunak antivirus untuk mendeteksi dan menghapus malware dan ancaman lain dari jaringan Anda.

Manfaat Vulnerability Assessment Terhadap Sistem Keamanan Perusahaan

Ketika bisnis menjadi lebih digital, sangat penting untuk memiliki strategi keamanan yang selaras dengan strategi digital Anda untuk mengurangi risiko pencurian data dan kerusakan jaringan. Vulnerability assessment memberikan beberapa keuntungan bagi perusahaan, diantaranya:

Menemukan Area Rentan Sebelum Dieksploitasi Peretas

Kelemahan keamanan jaringan biasanya disebabkan oleh kesalahan pengkodean dan konfigurasi keamanan, peretas akan memanfaatkan kelemahan ini untuk mendapatkan akses ke data sensitif.

Kenali Tingkat Risiko Infrastruktur IT Perusahaan

Alat pendeteksi digunakan selama penilaian untuk mengidentifikasi dan mengukur paparan risiko di seluruh aset software dan hardware perusahaan, yang kemudian menghasilkan laporan berisi nilai aset yang terdeteksi serta tingkat kerentanannya.

Manajemen dan Alokasi Sumber Daya yang Efisien

Mengetahui area mana yang paling rentan memungkinkan perusahaan mengalokasikan sumber daya keamanan secara efisien untuk memperbarui perangkat lunak yang memerlukan perhatian segera terlebih dahulu.

Solusi VOAR Mengoptimalkan Proses Vulnerability Assessment

Untuk memastikan proses vulnerability assessment berjalan tanpa halangan, Aplikas Servis Pesona bersama Hackuity menyediakan solusi VOAR atau Vulnerability Orchestration Automation and Response yang menyatukan semua vulnerability tools perusahaan ke dalam satu ekosistem.

Standarisasi

Semua vulnerability assessment dikumpulkan dan dinilai menggunakan True Risk Scoring yang memudahkan tim IT melihat kerentanan yang paling critical, secara otomatis maupun manual. Selanjutnya, akan dikuatkan dengan konteks bisnis dan analisis risiko sehingga tim keamanan dapat membuat rencana perbaikan berbasis risiko dan prioritas.

Kontekstual

Berbagai risiko yang ada akan dievaluasi secara nyata berdasarkan konteks bisnis. Hal ini dilakukan untuk menghemat waktu dan biaya, perusahaan akan memilih ancaman ataupun memprioritaskan kerentanan yang harus ditangani terlebih dahulu.

Visualisasi Data

Anda dapat memvisualisasikan semua kerentanan dan aset Anda secara real time dengan mengaktifkan filter lanjutan dan fungsi penyortiran, terlepas dari jumlah alat yang terhubung, volume data, atau jangka waktu yang diinginkan.

Untuk mengurangi risiko cyber threats yang menyerang perusahaan, vulnerability assessment harus dilakukan rutin untuk mengidentifikasi berbagai ancaman yang membahayakan aset perusahaan. Aplikas Servis Pesona sebagai perusahaan IT partner resmi dari Hackuity di Indonesia menawarkan solusi VOAR untuk memudahkan perusahaan Anda mengambil tindakan dari hasil vulnerability assessment yang sudah dilakukan dengan berbagai alat.

Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut tentang vulnerability assessment, silahkan hubungi kami di marketing@phintraco.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *