Advanced Persistent Threats: Ancaman Keamanan Mematikan

06 June 2023 Rani Pilo

Advanced Persistent Threats: Ancaman Keamanan Mematikan

Ancaman keamanan komputer semakin hari semakin kompleks dengan munculnya Advanced Persistent Threat atau biasa disebut APT. Ancaman ini biasanya bersifat tersembunyi dan mematikan, dengan tujuan mencuri data rahasia atau merusak sistem yang menjadi targetnya. Para pelaku APT ini sangat terorganisir dan cermat dalam mengeksekusi serangan, membuatnya sulit dideteksi oleh sistem keamanan. Artikel ini akan membahas apa itu APT, cara kerja, dan bagaimana cara mencegah ancaman yang semakin berbahaya ini.

Apa itu Serangan Advanced Persistent Threats (APT)?

Serangan Advanced Persistent Threats (APT) adalah jenis serangan siber yang sangat canggih dan bertarget tinggi, yang dilakukan oleh kelompok atau organisasi yang memiliki kemampuan teknis sangat baik. Jenis serangan ini sangat sulit dideteksi oleh sistem keamanan biasa, karena serangan APT akan dilakukan dalam jangka waktu yang panjang. Sehingga, serangan APT menyasar sasaran yang sangat spesifik dan berusaha mengambil data secara diam-diam selama beberapa waktu. Serangan APT dapat dilakukan melalui email phishing, malware, dan teknik serangan yang lainnya. Oleh karena itu, penting untuk melindungi data penting dari serangan APT dengan menggunakan sistem keamanan yang lebih canggih dan update pada sistem yang digunakan.

Apa Tujuan Utama Serangan APT?

 Serangan APT merupakan jenis serangan siber yang ditujukan untuk mencuri data yang sensitif dan berharga dari sebuah organisasi atau perusahaan. Tujuan utama serangan APT adalah untuk keuntungan jangka panjang, di mana para pelaku serangan dapat mengakses sumber daya penting organisasi, menumpang ke jaringan, dan beroperasi tanpa terdeteksi selama mungkin. Serangan APT biasanya dilakukan oleh kelompok penjahat siber yang memiliki keahlian khusus dan dukungan dari negara atau organisasi. Oleh karena itu, dalam rangka untuk melindungi informasi rahasia dan data penting, perusahaan harus memperkuat sistem keamanan dan melakukan tindakan preventif seperti pelatihan keamanan dan pengawasan sistem.

Bagaimana Cara Kerja Advanced Persistent Threats?

Cara kerja Advanced Persistent Threats dimulai dengan serangan phishing atau penetrasi oleh penggunaan malware, yang kemudian mengambil alih hak akses dan mengumpulkan data. APT biasanya dilakukan oleh kelompok atau negara-negara dengan motivasi politik, ekonomi atau militer. Teknik yang digunakan meliputi drop point, backdoor, rootkit, dan command and control (C&C). Kunci dari APT adalah mampu menemukan kelemahan dalam jaringan dan sistem, serta menggunakan berbagai teknik untuk tetap tersembunyi di dalam sistem hingga memungkinkan penyerang mencapai tujuan mereka tanpa diketahui. Karena keahlian teknis yang diperlukan, serangan APT sering kali sukses dan sulit dideteksi.

Bagaimana Cara Mencegah Serangan APT?

Dalam cyber security, serangan advanced persistent threat adalah ancaman keamanan yang semakin berkembang. Untuk mencegah serangan ini, perusahaan perlu mengambil tindakan yang tepat dan terstruktur. Salah satu hal yang dapat dilakukan yaitu meningkatkan kesadaran akan ancaman serangan APT melalui pelatihan dan edukasi. Perusahaan juga harus memperkuat keamanan jaringan dan infrastruktur dengan menerapkan firewall dan enkripsi data. Selain itu, penting untuk memastikan bahwa sistem keamanan diperbaharui secara teratur dan sistem perangkat lunak memiliki perlindungan terhadap kerentanan yang dikenal. Perusahaan juga harus mengelola akses pengguna secara bijaksana dan membatasi akses sesuai dengan kebutuhan dan tanggung jawab pengguna. Dengan tindakan preventif dan proaktif yang tepat, perusahaan meminimalisir risiko serangan APT dan menjaga keamanan data dan informasi perusahaan.

Edukasi Semua Karyawan Tentang Phishing

Penting untuk mengedukasi semua karyawan tentang teknik-teknik penipuan phishing yang umum digunakan oleh penyerang APT. Berikan pelatihan reguler tentang cara mengenali email phishing, situs web palsu, lampiran berbahaya, atau permintaan informasi pribadi yang mencurigakan. Dorong karyawan untuk selalu berhati-hati dan tidak mengklik tautan yang mencurigakan atau memberikan informasi rahasia kepada pihak yang tidak dikenal.

Pastikan Semua Pembaruan Keamanan Terinstal

Serangan APT seringkali memanfaatkan kerentanan perangkat lunak yang tidak diperbarui. Penting untuk memastikan bahwa semua sistem, aplikasi, dan perangkat lunak di perusahaan Anda memiliki pembaruan keamanan terbaru yang terinstal. Ini termasuk sistem operasi, browser web, perangkat lunak antivirus, firewall, dan aplikasi lainnya. Perbarui secara rutin dan lakukan pemantauan keamanan secara teratur.

Tingkatkan Keamanan Data yang Paling Sensitif

Identifikasi data paling sensitif dalam perusahaan Anda dan terapkan langkah-langkah keamanan yang ketat untuk melindunginya. Pertimbangkan untuk menggunakan enkripsi data, mengatur akses yang terbatas hanya untuk orang-orang yang membutuhkannya, dan memperkuat kebijakan keamanan terkait data. Lakukan tindakan pencegahan yang kuat, seperti backup data yang teratur dan mengamankan infrastruktur jaringan dengan firewall yang kuat.

Bekerjasama dengan Perusahaan IT Keamanan

Kerjasama dengan perusahaan pada IT security yang memiliki keahlian dalam melawan serangan APT dapat menjadi langkah yang bijaksana. Perusahaan yang berfokus pada IT security dapat membantu dalam menganalisis risiko keamanan, melaksanakan penilaian keamanan, dan memberikan solusi keamanan yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Mereka juga dapat membantu dalam mendeteksi, mengatasi, dan merespons serangan APT secara efektif.

Antisipasi Segala Serangan APT dengan Threat Intelligence

Mengantisipasi ancaman keamanan seperti serangan APT adalah langkah penting dalam menjaga keamanan sistem informasi perusahaan. Dalam hal ini, perusahaan yang bergerak di bidang IT Security yaitu Aplikasi Servis Pesona menyediakan solusi terdepan untuk mengatasi ancaman keamanan yang ada di dunia digital. Sebagai penyedia solusi threat intelligence, Aplikasi Servis Pesona memberi  solusi untuk mengetahui ancaman dan serangan yang mungkin terjadi pada perusahaan. Dengan menggunakan Threat Intelligence, perusahaan dapat mendapatkan informasi mengenai taktik, teknik, dan prosedur yang digunakan oleh penyerang untuk mencuri data atau merusak sistem. Selain itu, Threat Intelligence mampu mengidentifikasi kelemahan dan celah dalam infrastruktur yang dapat dimanfaatkan oleh penyerang. Dengan adanya informasi yang tepat dan akurat, perusahaan dapat melakukan antisipasi dan tindakan pencegahan yang tepat dan efektif untuk mengatasi ancaman seperti serangan APT dan serangan siber lainnya.

Kunjungi https://aplikas.com/threat-intelligence/, atau Anda dapat menghubungi tim kami melalui email marketing@phintraco.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *