Email Security: Solusi Keamanan Data dan Informasi Perusahaan

23 April 2024 Muhammad Iqbal Iskandar

Email Security: Solusi Keamanan Data dan Informasi Perusahaan

Dunia bisnis modern mendorong setiap perusahaan untuk menggunakan teknologi digital dalam setiap kegiatan operasional, salah satunya adalah email. Email kini menjadi salah satu alat komunikasi utama yang digunakan untuk kepentingan bisnis, mulai dari bertukar informasi penting, data keuangan, hingga kontrak bisnis. Hal tersebut membuat email menjadi target utama bagi penjahat siber. Oleh karena itu, setiap perusahaan perlu memastikan keamanan email atau email security untuk mengantisipasi serangan siber.

Keamanan email kini menjadi kebutuhan vital bagi setiap perusahaan. Penerapan keamanan email seperti email security gateway dapat membantu perusahaan dalam memastikan keamanan informasi dan data sensitif mereka. Artikel ini akan membahas keamanan email secara menyeluruh, mulai dari pengertian email security, apa saja jenis ancaman dalam keamanan email, apa saja teknologi yang digunakan dalam email security solution, serta manfaatnya bagi perusahaan. Temukan informasi selengkapnya di artikel berikut ini!

Apa yang Dimaksud dengan Email Security?

Email security adalah suatu sistem yang khusus dirancang untuk melindungi email dari berbagai ancaman siber. Ancaman siber yang dimaksud dapat membahayakan data dan privasi perusahaan atau pengguna. Oleh karena itu, sistem keamanan email diperlukan untuk melindungi informasi yang masuk dan keluar dari perusahaan melalui email.

Keamanan email dapat bekerja dengan cara melakukan pemindaian terhadap email dan lampiran-lampirannya. Hal tersebut dilakukan untuk memastikan email dan lampiran aman dari berbagai ancaman siber. Jika dalam email atau lampiran terdeteksi ancaman, maka sistem keamanan email dapat memblokir ancaman tersebut sebelum email sampai ke pengguna.

Perlindungan email dari ancaman-ancaman siber ini membuat setiap individu dan perusahaan menerapkan sistem keamanan email demi keamanan siber mereka.

Mengapa Email Security Penting?

Keamanan email merupakan bagian vital untuk keseluruhan sistem keamanan digital dalam sebuah perusahaan. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah karena email kini menjadi target utama dari serangan siber.

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, penjahat siber kini menargetkan email sebagai salah satu celah utama untuk melancarkan serangan. Penyebabnya karena email mengandung informasi dan data sensitif seperti data karyawan, perjanjian rahasia, hingga data keuangan. Informasi-informasi penting tersebut merupakan target utama dari para penjahat siber.

Serangan siber pada email dapat berdampak negatif dan menyebabkan kerugian besar bagi perusahaan. Beberapa dampak negatif tersebut mulai dari kehilangan data sensitif, gangguan operasional, kerugian finansial, hingga rusaknya nama baik atau reputasi perusahaan.

Faktor-faktor tersebut, beriringan dengan meningkatkan penggunaan email dalam dunia bisnis dan meningkatnya kompleksitas serangan siber, membuat keamanan email menjadi sangat penting.

Apa Saja Jenis Ancaman dalam Email Security?

Keamanan email diperlukan untuk mengantisipasi dan mengatasi berbagai ancaman siber. Berikut adalah beberapa jenis ancaman siber yang dapat mengancam keamanan email:

Malware

Malware merupakan jenis perangkat lunak yang berbahaya karena dapat merusak perangkat atau mencuri data pengguna. Perangkat lunak berbahaya ini dapat tersebar lewat email dengan menginfeksi lampiran dan tautan dalam email.

Spam

Spam merupakan istilah untuk email-email yang tidak diinginkan dan dikirimkan secara massal. Email-email spam ini dapat mengganggu pengguna serta menghabiskan waktu dan sumber daya.

Phishing

Phishing merupakan bentuk upaya penipuan yang dilakukan oleh penjahat siber. Dalam konteks email, phishing dilakukan dengan menyamar sebagai pihak terpercaya. Penjahat siber kemudian akan mencoba untuk mendapatkan informasi pribadi atau keuangan pengguna lewat email.

Business Email Compromise (BEC)

BEC merupakan salah satu jenis serangan siber yang khusus menargetkan perusahaan. Pelaku serangan siber akan menyamar sebagai karyawan atau mitra bisnis dan berusaha untuk menipu perusahaan untuk melakukan transfer dana atau memberikan informasi sensitif.

Zero-day Attacks

Zero-day attacks adalah serangan yang berusaha untuk mengeksploitasi kerentanan dalam perangkat lunak yang belum diketahui oleh vendor. Jenis serangan ini dapat disebarkan melalui email dalam bentuk lampiran yang terinfeksi atau tautan yang berbahaya.

Apa Saja Teknologi yang Digunakan dalam Email Security?

Sistem keamanan email menggunakan berbagai teknologi dan fitur yang berguna untuk melindungi email dari berbagai ancaman siber. Berikut ini adalah beberapa fitur umum yang digunakan dalam sistem keamanan email.

Email Security as a Service

Email security as a Service (ESaaS) adalah sebuah teknologi keamanan email berbasis cloud yang memberikan perlindungan terhadap email secara lengkap. Teknologi ini juga dapat digunakan tanpa perlu install perangkat lunak di perangkat pengguna. ESaaS umumnya memiliki fitur-fitur canggih seperti filter spam dan malware, serta kontrol akses terhadap kotak masuk email pengguna

AI Based Security

Kecerdasan buatan atau AI juga dapat digunakan dalam mengamankan email dari serangan siber. Teknologi AI dapat membantu menganalisis email dan lampiran dengan lebih cerdas dan akurat. Hal ini dapat membantu pendeteksian ancaman baru dengan lebih cepat. Selain itu, AI juga dapat mempelajari data email yang besar dan mengidentifikasi pola dan perilaku terkait malware dan phishing.

URL & File Analysis

Analisis URL dan file yang masuk ke dalam email dilakukan untuk mendeteksi serangan-serangan siber seperti malware, phishing, atau ancaman lainnya. Selain itu, teknologi ini juga dapat melakukan analisis tanda tangan digital, analisis heuristik atau perilaku mencurigakan dalam file dan tautan, serta analisis sandbox yaitu menciptakan lingkungan yang terisolasi untuk mengamati perilaku file yang mencurigakan.

Gateway & Graph API

Gateway API merupakan teknologi yang digunakan untuk mengintegrasikan solusi keamanan email dengan infrastruktur IT yang telah ada, misalnya firewall dan sistem manajemen identitas dan akses. Hal ini memungkinkan pengguna untuk memiliki wawasan yang lebih lengkap terkait keamanan email.

Cousin Domain Detection

Cousin domain detection adalah teknologi untuk mengidentifikasi situs web yang meniru situs web yang sah. Situs web palsu ini biasanya digunakan untuk tujuan phishing atau penipuan. Analisis ini dapat membantu pengguna untuk menghindari situs web berbahaya dan ancaman siber yang mengintai di dalamnya.

Apa Saja Manfaat Email Security Bagi Perusahaan?

Keamanan email merupakan aspek penting dalam sistem keamanan perusahaan. Hal ini karena keamanan email yang efektif dapat membawa sejumlah manfaat bagi perusahaan. Berikut ini adalah manfaat-manfaatnya:

Melindungi Data Sensitif

Sistem keamanan email tentunya dapat membantu perusahaan untuk memastikan bahwa data-data dan informasi sensitif aman dari kejahatan siber. Data-data seperti informasi keuangan, data karyawan, dan rahasia perusahaan merupakan data yang sangat fatal jika dicuri atau hilang.

Meningkatkan Produktivitas Karyawan

Serangan siber melalui email dapat mengganggu alur kerja serta menghabiskan waktu dan sumber daya perusahaan. Oleh karena itu, keamanan email yang baik dapat membantu meningkatkan produktivitas karyawan.

Melindungi Reputasi Perusahaan

Keamanan yang lemah dan serangan siber dapat merusak reputasi perusahaan, baik di mata mitra bisnis maupun pelanggan. Oleh karena itu,sistem keamanan email yang baik dapat menjaga reputasi dan nama baik perusahaan.

Mematuhi Peraturan dan Regulasi

Perusahaan perlu memastikan bahwa mereka mematuhi peraturan dan regulasi yang terkait dengan keamanan data dan privasi. Keamanan data yang baik dapat membantu perusahaan untuk memastikan kepatuhan terhadap regulasi keamanan yang ada.

Pastikan Email Perusahaan Anda Aman dengan Solusi Email Security dari Aplikas Servis Pesona

Keamanan email perusahaan adalah hal penting yang harus diprioritaskan. Aplikas Servis Pesona, sebagai perusahaan yang bergerak di bidang IT security, dapat membantu Anda untuk memperkuat email security.

Solusi email security dari Aplikas Servis Pesona dapat menjadi lapisan keamanan dari serangan-serangan siber yang menargetkan perusahaan lewat email, baik dalam bentuk phishing, spam, atau berbagai jenis malware.

Hubungi email marketing@phintraco.com untuk informasi lengkap tentang solusi email security dari Aplikas Servis Pesona!

Editor: Cardila Ladini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *